AKU KESUKSESAN DAN KEGAGALAN


Ini hanyalah bagian dari pengalaman hidupku.Tidak, ini bukan bermaksud untuk membanggakan diri atau apa, aku hanya ingin berbagi dan semoga saja tentang apa yang aku ceritakan ini terdapat hikmah yang dapat di ambil. 
Sukses adalah hal yang sangat di inginkan oleh setiap orang. Setiap menjalani suatu misi atau target pasti harapan yang dimiliki adalah kesuksesan bukan kegagalan. Namun kadang kala kenyataan tak berjalan sesuai dengan harapan, sering kali kita gagal dalam menjalani misi yang kita targetkan bahkan sudah dipersiapkan sejak lama.
Dalam setiap misi kemungkinan antara sukses dan gagal itu memiliki porsi masing masing, bisa saja peluang gagal lebih besar daripada sukses atau pun sebaliknya. Oleh karena itu, pada zaman yang semakin berkembang ini banyak sekali orang yang menggunakan jalan pintas untuk mendapatkan yang mereka tuju, namun jalan pintas itu bukan jalan yang benar tetapi dengan menggunakan cara yang curang. Hal tersebut sudah seringkali ditemukan dimana mana, dari lingkungan instansi besar hingga lingkungan sekolah.  Tapi aku sangat beruntung mempunyai kedua orang tua yang super, mereka mendidik saya agar tidak terjerumus untuk menggunakan jalan pintas yang salah.
Sejak kecil orang tua ku selalu berpesan untuk jujur dalam segala hal, karena kejujuran adalah kunci kesuksesan. Setelah tamat SD aku disekolahkan di sekolah islam yang lingkungannya sangat mengutamakan kejujuran. Bersaing secara sehat dan saling berbagi di jalan yang benar. Namun setelah aku tamat dari SMP, aku kembali bersekolah di sekolah negeri yang ternyata lingkungannya benar benar berbeda dengan lingkungan sebelumnya. Perlu waktu dua bulan untuk beradaptasi di sana.
Saat masa SMA lingkungan begitu berbeda kecurangan dan persaingan yang tidak sehat sudah menjadi hal wajar bagi para siswa, yang jujur di kucilkan dan yang mau berbagi kecurangan di banggakan. Namun aku tetap bersikukuh pada pendirian ku untuk tetap menanamkan kejujuran yang sudah ditanamkan di lingkungan sebelumnya.
Semua orang mengucilkan ku karena aku tak pernah mau berbagi dalam hal kecurangan itu, terlebih lagi pada semester pertama aku gagal mendapat peringkat satu dan terkalahkan oleh mereka yang mau berbagi “contekan”. Mereka semakin mencemooh aku, hati ku sesak karena aku gagal hanya karena  mereka yang tak jujur. Tapi aku tak mau menyerah dan tak mau goyah untuk melakukan hal yang sama, karena aku yakin kesuksesan yang diraih dengan cara seperti itu tak akan berbekas lama.
Semenjak semester dua aku semakin giat untuk belajar, meskipun aku hanya mendapat peringkat dua di kelas tetapi aku selalu di tunjuk untuk mengikuti semua bidang perlombaan sehingga sering kali absen di kelas karena sedang ada kegiatan di luar sekolah. Namun itu tak menjadi penghalang bagiku, setiap malam aku terus belajar dan belajar. Dan aku pun mulai berbaur dengan mereka yang mengucilkanku dengan catatan aku tak boleh terpengaruh dengan kebiasaan mereka.
Hari yang di tunggu tunggu pun datang, setelah ujian terlewati pengumuman kejuaraan pun berlangsung. Pada saat itu orang tua yang datang untuk mengambil raport. Aku tak mau ikut ke sekolah karena aku takut tak mendapat hasil yang aku inginkan. Selang waktu beberapa jam dari keberangkatan ayah ke sekolah, aku terus menghubungi teman ku yang datang ke sekolah. Dan kabar tak terduga pun aku dapatkan dari mereka, aku mendapat juara satu bahkan bukan hanya di kelas tapi juga juara satu umum di sekolahku. Sungguh suatu hal yang sulit ku percaya, aku bahagia sangat bahagia. Terlebih lagi saat ayah pulang aku lihat tangisan haru dimatanya dan senyuman bangga yang terlukis di bibir ayah dan ibuku.  Ternyata keteguhan ku tak sia sia, meski setiap hari aku harus menahan tangisku karena cemoohan teman temanku.
Setelah hari itu perubahan selalu terjadi padaku, dari sikap teman temanku yang semakin baik padaku, dan pandangan lingkungan yang tak lagi terasa mencekamku. Aku memang berbeda dari mereka tapi perbedaan itu yang membuatku berhasil. Dan hal ini semakin membuatku paham kesuksesan tak selamanya dapat diraih dengan satu kali percobaan.  Tapi kesuksesan membutuhkan proses yang melihat keteguhan kita meskipun harus melewati kegagalan terlebih dahulu.

Comments

Popular posts from this blog

Dengan #AsusLaptopKu Hasilkan Karya Terbaik!

UKURAN GEJALA PUSAT DATA BELUM DIKELOMPOKKAN

Greek Yogurt Tinggi Protein, Tetap Kenyang Saat Puasa dengan Heavenly Blush Greek Yogurt!